Program Review: Pendekatan Evaluasi Program Pembangunan Berbasis Masyarakat

Pembangunan tentu telah menjadi kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Bagi sebagian orang, pembangunan bermakna aktivitas fisik seperti membangun jalan, gedung, jembatan, atau bandara. Sementara sebagian lain melihat pembangunan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Setiap tahun, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan, baik untuk pembangunan infrastruktur fisik maupun pembangunan manusia melalui pendidikan dan peningkatan kapasitas. Sebagian besar pembangunan negara tersebut dibiayai oleh dana yang berasal dari pajak masyarakat. Untuk itu, pemanfaatannya tentu harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Pemerintah, melalui sejumlah skema partisipasi telah mencoba membuka ruang bagi masyarakat untuk ikut serta dalam proses pembangunan. Di tahap perencanaan misalnya telah dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dari tingkat desa/kelurahan hingga nasional. Namun, pada praktiknya ruang partisipasi bagi masyarakat belum terakomodasi dengan maksimal. Lebih jauh lagi, berbeda dengan perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan secara partisipatoris dan tersistematisasi, proses evaluasi pembangunan yang partisipatif masih jarang dilakukan.

Pada tahun 2020 Yayasan Tifa dan Japan Initiative mengkaji dan menyusun pendekatan evaluasi program berbasis masyarakat dengan mengadopsi “Program Review” yang sebelumnya telah dilakukan di Jepang. Konsep “Program Review” dimulai di Jepang pada tahun 2002 sebagai upaya menyeleksi program-program pemerintah untuk menghemat anggaran. “Program Review” ini selanjutnya berkembang sebagai pendekatan evaluasi pembangunan yang diadopsi oleh berbagai tingkat pemerintahan secara nasional. Selain itu, mekanisme Program Review juga dijalankan untuk meningkatkan rasa ‘kepemilikan’ masyarakat atas program-program pembangunan yang berdampak terhadap kehidupan mereka.

Melalui proses diskusi dengan berbagai pihak, termasuk perwakilan pemerintah dan organisasi masyarakat sipil di Indonesia, Yayasan Tifa menyusun buku Program Review: Pendekatan Evaluasi Program Pembangunan Berbasis Masyarakat yang membahas peran masyarakat dalam menghasilkan evaluasi program-program pembangunan yang komprehensif. Buku dapat diakses melalui tautan berikut: https://s.id/pojokliterasi-programreview.